Waspada Dengan Ketinggian Gelombang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, tinggi gelombang di perairan Sulawesi Barat (Sulbar) patut diwaspadai bagi kapal yang melakukan pelayaran melintasi perairan tersebut.

Kepala Pelayanan Data Stasiun BMKG Kabupaten Majene Mujahidin mengatakan, tinggi gelombang di perairan Sulbar yang cukup tinggi dapat membahayakan bagi pelayaran, sehingga patut diwaspadai. Ia mengatakan, ketinggian gelombang di perairan Sulbar mencapai 2,5 meter,dengan kecepatan angin di perairan itu mencapai 35 kilometer per jam yang bertiup dari arah barat ke timur.

Oleh karena itu, kata dia,kapal yang melintas di perairan itu, seperti dari Kota Mamuju menuju Kota Balikpapan,Kalimantan Timur,maupun dari daerah lainnya harus berhati-hati. Begitu pula,lanjut dia,kapal penumpang dari daerah lain, seperti dari Kota Makassar dan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang melintas ke daerah ini atau ke Pulau Kalimantan ataupun dari daerah lainnya dari bagian utara perairan Sulbar, harus hati-hati. ”Karena perairan Sulbar tidak aman bagi pelayaran,” katanya.

Ia juga meminta nelayan mewaspadai tingginya gelombang laut tersebut, khususnya yang menggunakan perahu kecil. ”Nelayan yang menggunakan perahu kecil, juga kami minta berhati-hati saat melaut di perairan Sulbar karena gelombang laut cukup tinggi dan angin kencang cukup membahayakan,” katanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel